Membersihkan Benda dari Bahan Tembaga dan Kuningan

Ambil buah mengkudu (pace) lalu belah. Gosokkan mengkudu pada benda-benda yang akan dibersihkan secara berulang-ulang. Setelah bersih, cuci dengan air bersih lalu dilap dengan kain bersih hingga kering.

Cara lain, ambil asam jawa lalu campur dengan sedikit air. Kalau tidak ada asam jawa, bisa juga menggunakan perasan air jeruk nipis. Gosok barang kuningan atau tembaga dengan larutan ini. Kalau masih tak bisa kemilau, campurkan larutan dengan tumbukan batu bata.

Bisa juga dengan beberapa lembar daun nanas yang ditumbuk tidak terlalu halus. Campurkan tumbukan daun nanas tadi dengan abu gosok, asam jawa dan sedikit air panas. Gosokkan ke benda kuningan sehingga akan kemilau kembali.

Atau ambil asam sebesar kelereng, beri air secukupnya. Panaskan larutan ini tapi jangan sampai mendidih. Setelah itu celupkan sikat khusus untuk kuningan ke air asam tersebut dan sikatlah benda-benda kuningan itu. Terakhir, bilaslah dengan air bersih dan lap hingga kering. Agar benar-benar kering, jemur di sinar matahari.

Cara lain, dengan membuat larutan jeruk nipis, atau cuka dan garam. Gosok barang kuningan dengan larutan ini. Setelah itu bilas dan keringkan.

0 komentar: