Banyak Cara untuk Membersihkan Kaca Jendela

Bila ingin membersihkan kaca jendela lakukan dengan lap yang diberi air bersih hangat. Jangan lakukan pada saat udara sedang panas karena akan cepat kering dan meninggalkan goresan. Seandainya telah ada goresan, coba dilap dengan stocking (kaus kaki) bekas. Mudah-mudahan goresan itu bisa lenyap.

Atau ambil koran bekas, beri sedikit air. Gosokkan ke seluruh kaca jendela. Ini jauh lebih murah, mudah, dan hasilnya efektif.

Buat larutan 1/4 cangkir cuka dicampur dengan 1 liter air. Lalu semprotkan cairan ini ke kaca jendela. Gosok dengan lap bersih. Kaca pun akan cemerlang.

Buat larutan baking soda yang dicampur sedikit air hingga larutan menjadi agak padat. Gosokkan larutan ini ke kaca. Setelah itu bilas dengan lap basah. Terakhir, kaca digosok dengan kain kering.

Taruh 1 liter air di ember lalu campur dengan 1/2 cangkir maizena. Ambil spons dan celupkan ke larutan tersebut. Gosoklah spons ke seluruh kaca. Setelah itu gosok dengan lap bersih. Terakhir, lap dengan kertas koran.

Ambil lap flanel, basahi dengan alkohol, taburi bedak talek, tepung terigu, atau tepung beras. Kemudian gosoklah kaca dengan lap tersebut. Akhirnya lap dengan kertas koran.

Ambil lap lembut lalu beri minyak tanah. Gosok kaca dengan lap tersebut. Terakhir gosok kaca dengan kertas koran.

Cara pembersih yang paling baik adalah air hangat yang ditambahkan 1/2 cangkir cairan amoniak, 1/2 cangkir cuka, dan 2 sendok makan tepung sagu (kanji). Gunakan cairan pembersih ini untuk membersihkan kaca jendela.

Kalau mau yang sederhana dan cepat, gosok kaca dengan kain lap yang sudah direndam cuka atau diberi air perasan jeruk nipis.

Kaca jendela buram, cukup dicuci air hangat yang dicampur cuka. Setelah itu dilap dengan saksama sampai kering.

Bila mengelap kaca, jangan pernah menggunakan sabun.

3 komentar:

Syafri waldi said...

kalau untuk menghilangkan noda semen yang menempel dikaca gimana ya..? thanks.

musdar said...

iya nih. klo noda semen harus pakek apa.

musdar said...

iya nih. klo noda semen harus pakek apa.