Tips Merawat Karpet

Agar karpet tidak cepat tipis, karpet harus sering disedot debunya. Dan kalau menyedot debunya, jangan hanya permukaannya, tetapi juga sisi belakangnya.

Agar kembali bersih dan cerah (tidak kusam), taburkan sejumlah besar garam ke atas karpet, biarkan selama sekitar 1 jam. Selanjutnya, sedot dengan vacuum cleaner. Atau taburi garam halus yang basah, lalu sikat sampai bersih. Setelah itu gosok kembali dengan kain yang dibasahi juga dengan air garam.

Bisa juga dengan menggosokkan karpet secara saksama dengan campuran air dan cuka (10 : 1). Celupkan spons ke dalam larutan itu lalu gosokkan ke karpet. Setelah itu bilas dengan spons lagi yang kali ini dicelupkan ke dalam air bersih. Biarkan kering, warna karpet akan kembali cerah.

Supaya karpet bersih dan tampak seperti baru, gunakan sikat halus dan air garam. Celupkan sikat ke dalam air garam, kibaskan agar tak membawa banyak air. Setelah itu sikatlah karpet ke arah yang berlawanan dengan serat bulu karpet. Selanjutnya jemurlah karpet di terik matahari supaya tidak lembab.

0 komentar: